Sabtu, 23 Januari 2010

Pelatihan GIS tidak perlu??

Pelatihan GIS dapat dipilah-pilah berdasarkan tingkatan penguasaan materi

1. Pelatihan bagi abettor pemula


Dengan materi dasar berupa pengenalan GPS, download/upload abstracts dari/ke GPS, ascribe data, digitasi, editing, memanipulasi display, dan membuat layout. Untuk tingkatan ini diperlukan waktu sekitar 7 hari. Parameter keberhasilan adalah peserta bisa membuat peta.


2. Pelatihan bagi abettor menengah
Peserta tidak harus pernah mengikuti ‘Pelatihan bagi abettor pemula’. Yang penting intinya peserta sudah mengenal sedikit tentang GIS dan atau GPS. Materi-materi dasar dibahas sekilas saja. Pada tingkatan ini diberikan pelatihan dengan beberapa contoh kasus. Abettor tingkat menengah tentu tidak perlu terlalu banyak tutorial karena yang penting bagi mereka ‘penunjuk arah’ bukan bagaimana menempuh jalan karena saya pikir mereka sebenarnya bisa mencari-cari jalannya sendiri. Parameter keberhasilan adalah peserta bisa membuat peta dengan baik dan lengkap (dengan summary) sesuai kaidah. Untuk tingkatan ini diperlukan waktu sekitar 3 hari.


3. Pelatihan bagi analyst
Pelatihan GIS bagi analyst lebih menekankan kepada teori dasar dari tugas-tugas GIS dengan tujuan utama untuk Problem Solving. Praktisi GIS yang sudah bisa ‘membuat peta’ bisa menjadi peserta pelatihan pada tingkatan ini. Materi berisi pemodelan, kontrol kualitas, efisiensi dan efektifitas sistem, analisa sistem, dan managemen abstracts spasial. Parameter keberhasilan adalah peserta bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan spasial dengan GIS secara efektif dan efisien. Untuk tingkatan ini diperlukan waktu sekitar 5 hari.
Pelatihan bagi pengguna
Pengguna GIS bisa masyarakat atau accommodation maker yang berkepentingan dengan keluaran dari GIS. Secara teknis mereka tidak perlu tahu bagaimana proses-proses teknis di dalam GIS di lakukan. Yang penting adalah bagaimana mereka bisa menggunakan keluaran GIS. Isi materi bisa berupa pembacaan peta, antar muka GIS interaktif, SWOT, dll. Untuk tingkatan ini diperlukan waktu sekitar 3 hari.
Angka-angka tersebut cuma estimasi saja, tidak merupakan patokan mutlak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar